Nostalgia rasa Jadoel di “Nasi Besek Lampung”

Senyum manis Kak Nad melihat banyaknya spot foto di “Nasi Besek”

Sebagai bagian dari generasi jaman yesterday, saya ingat betul ketika Ayah maupun Mama pulang dari kondangan hal pertama yang di cari pasti nasi besek khas pulang dari kondangan. Nasi besek yang berisi nasi putih, sambel goreng kentang, mie goreng bumbu khas jawa, ayam goreng dan irisan telur rebus atau telur asin serta kerupuk kampung. Yes makanan sederhana seperti itu  justru akan menjadi sangat nikmat manakala di santap bersama seluruh anggota keluarga. Pengalaman berbagi nasi besek bersama keluarga menjadi semacam nostalgia manis yang terekam dengan baik di memori saya.

Area Makan di Nasi Besek Lampung
Salah satu spot foo di Nasi Besek Lampung

Kebetulan sekali setiap melewati jalan ke kantor Ayana, saya selalu melawati sebuah gerai yang baru buka tak jauh dari rumah kami, kedai kecil yang di beri nama “Nasi Besek ampung”. Sepintas masih penasaran untuk tau dan menyicipi menu apa saja yang di tawarkan oleh “Nasi Besek Lampung” ini, karena sepintas mencari info tentang menu-menu yang di sajikan lewat aplikasi Go-Food ada beberapa pilihan menu makanan berat maupun snack untuk cemilan di antara jam makan.

Teh Poci panas dari Nasi Besek Lampung
Salah satu contoh menu Bento Box
Penampakan Nasi Besek dari Nasi Besek Lampung

Sesuai dengan namanya “Nasi Besek Lampung” di sini menyediakan pilihan menu nasi paket, dan surprise-nya di kedai ini benar-benar menyediakan menu nasi besek yang di kemas di dalam besek beneran (besek = anyaman bambu) dengan menu seperti jaman yesterday saya dapatkan saat ada bancakan di rumah.

Awalnya saya hanya memesan nasi besek ini untuk suguhan di masjid saat acara Maulud Nabi malam kemarin, namun iseng sembari menunggu akhirnya saya memesan beberapa menu lainnya untuk “teman nongkrong” menanti pesanan nasi besek saya selesai di kerjakan. Jadi nih di gerai “Nasi Besek Lampung” juga menyediakan beberapa snack ringan, aneka minuman manis dan menu makanan berat lainnya baik untuk porsi dewasa maupun kemasan bento box.

Buku Menu Nasi Besek Lampung
Pilihan Nasi Besek dari Nasi Besek Lampung
Aneka Pilihan menu di Nasi Besek Lampung
Cemilan dan Snack ringan dari Nasi Besek Lampung

Dan akhirnya saya memutuskan untuk memesan 1 porsi mendoan, roti bakar dan 1 paket bento box untk cemilan kak nad dan ayana. Mendoan yang disajikan oleh “Nasi Besek Lampung” adalah tempe yang di potong tipis memanjang, di goreng dalam balutan tepung dengan bumbu yang pas, berwarna kuning karena adanya penambahan kunyit di dalam adonan tepung, tak lupa irisan tipis daun bawang yang beradu dengan pas dalam adonan tepung, di goreng cukup garing sehingga membuat mendoan panas yang kriuk dan renyah serta tak lupa cocolan kecap manis yang telah di beri tambahan irisan cabai rawit dan bawang goreng. Betul-betul sentuhan tradisional yang kuat di antara sepotong mendoan kudapan kami sore kemarin.

Bento box pilihan kami dari “Nasi Besek” di kemas di dalam wadah bento mika dengan nasi putih yang cukup lembut dan di bentuk yang cukup lucu sehingga menarik pandangan Kak Nad, di sajikan bersama dua potong bola ayam, nugget ayam, rolade sapi dan sosis sapi, serta tak lupa salad segar sebagai pemanis dari bento box yang kami pesan.

Waktu menunggu kami tidak terasa begitu membosankan karena ruangan kecil tempat kedai “Nasi Besek Lampung” di desain yang cukup hommy, kesan natural kuat sekali terasa di interior pilihan “Nasi Besek Lampung”, dugaan saya desain interior di susun menyerupai menu utama yang di sajikan oleh “Nasi Besek Lampung”. Walaupun tempat kedai tidak terlalu luas, namun ada beberapa tempat yang dapat di jadikan untuk spot foto selfie maupun wefie bersama rekan-rekan. Menunggu cukup lama, nasi besek kami datanglah, nasi besek yang benar-benar di kemas di dalam besek anyaman bambu, sehingga bukan sekedar diksi semata ketika owner menyebutkan nasi besek di dalam pilihan menu mereka. Nasi putih yang cukup pulen di cetak kerucut, di temani lauk sambal goreng kentang dengan pedas yang cukup sedang, mie goreng bumbu yang tidak terlalu medok, potongan ayam negri dengan olahan bumbu rujak yang cukup jucy di lidah saya, sambal terasi, lalapan, satu potong tempe mendoan yang cukup garing, irisan telur asin serta kerupuk sebagai pelengkap. Ada jejak rasa nostalgia yang saya rasakan saat menyuap nasi beserta sahabat-sahabatnya tersebut. Masing-masing menu beradu memberikan rasa yang pas di lidah saya.

Menu yang di tawarkan oleh Nasi Besek di banderol harga Rp. 8.000 – 27.000,- beberapa pilihan snack dengan range harga Rp. 7.000 – 18.000,- dan aneka minuman manis yang di banderol dengan harga Rp. 6.000 – 17.000,-

Jika tidak ingin repot, Nasi Besek Lampung sudah tersedia layanan antar melalui aplikasi Go-Food di Smart Phone kamu semua.

Overall saya cukup puas dengan rasa yang di tawarkan oleh Nasi Besek Lampung, dan akan menjadi salah satu pilihan saya untuk menikmati makan siang maupun makan malam bersama keluarga.

Nasi Besek Lampung

Jl. Selamet Riyadi No.24 Bumi Waras, Teluk Betung, Bandar Lampung

Sebrang persis Indomart Slamet Riyadi

Jalanan turunan dari Indomaret Point Plus Gatot Subroto

Nomer telpon : 087813767673

Jam Operasional : Pkl. 09.30 -22.00

 

Penilaian Emak :

Rasa : ♥♥♥♥♥

Harga : ♥♥♥

Tempat : ♥♥

Pelayanan : ♥♥♥

 

Follow me on Social Media

Leave a Reply