Percobaan Sains Sederhana melalui Jembatan Warna

Pasca gelaran Scince Fair di Sekolah formal Kak Nad pekan kemarin, ada banyak hasil belanja ide selama window shopping di pameran tersebut. Aneka parade percobaan sains sederhana menginspirasi kami untuk di praktikkan di rumah sebagai bahan Home Education ala OSIN Family. Hari ini para Jenderal OSIN Family mengulang kembali praktik jembatan warna yang beberapa waktu pernah kami lakukan eksperimen.

Mengusung nuansa yang berbeda, kami menjalankan eksperimen di pelataran depan rumah, berlasakan karpet plastik, di temani oleh kawan baru, adek Kholid tetangga sebelah rumah kami 😊

Preparation alat dan bahan dibantu oleh Kak Nad sebagai fasilitator Adek Yeza dan Adek Kholid, yes alat dan bahan yang kita butuhkan adalah sebagai berikut :

1.       Beberapa gelas plastik/kaca yang bersifat transparan

2.       Air

3.       Aneka pewarna makanan

4.       Kain kasa, bisa di ganti dengan kapas/kain putih lainnya

5.       Gunting

6.       Sendok atau pengaduk lainnya

Bahan dan Peralatan membuat Jembatan Warna ala Osin Family

Sessi Home Education kami sore ini di mulai as always yang selalu kami lakukan saat memulai semua aktivitas yaitu dengan menanamkan sisi Tauhid pada para Jenderal OSIN Family, bahwa Allah SWT telah begitu banyak memberikan kita anugerah dengan mata yang sehat dan jernih sehingga kita semua dapat melihat aneka ciptaan Allah SWT yang indah dan penuh warna. Ada banyak warna yang terbentuk dan terbentang di muka bumi, secara sains kita mengenal ada tiga warna dasar yaitu Merah, Biru dan Kuning. Lalu percampuran warna-warna tersebut lah yang menjadikan banyak warna lainnya (nah di sessi ini biasanya kami skip untuk langsung memulai praktik sains, karena biasanya anak-anak akan mulai banyak mengajukan pertanyaan sesuai apa yang ada dalam imajinasinya, termasuk pertanyaan putih dan hitam itu warna apa dan bagaimana membentuknya 😉 ).

Duo Jenderal siap memulai percobaan

Oke kita lanjut aja ya langsung ke praktik membuat Jembatan Warna. Pertama-tama kita isi gelas dengan air hingga 2/3 bagian, lalu masing-masing gelas di beri pewarna makanan (karena HE kali ini untuk mengenalkan konsep warna pada Adek Yeza maka kami hanya menggunakan warna dasar dalam percobaan kali ini) . Gelas yang telah berisi air berbagai warna di letakkan sebagaimana posisi yang ingin kita uji coba, lalu letakkan kain kassa hingga ujung kain kassa menyentuh air warna, idealnya adalah kain kassa saling bertautan untuk melihat perbedaan gradasi warna yang akan terjadi nantinya 😊

Memulai proses percobaan jembatan warna

Tunggulah beberapa saat dan lihatlah keajaiban apa yang terjadi?

Dalam proses ini intellectual curriosity anak-anak terbangun,dengan penasaran mereka mengamati proses kain kassa yang semula putih berubah menjadi warna sesuai tempat di mana ia di celupkan, warna semakin merambat naik hingga bertemu di tengah dan membuat adanya gradasi warna.

Inilah Jembatan Warna hasil eksperimen Adek Yeza

Percobaan berlanjut dengan mencampur aneka warna dasar di dalam gelas plastik kecil, awalnya dua warna dasar di gabung menjadi satu hingga tercipta warna baru yang di kenal dengan warna sekunder, rasa penasaran mendorong Adek Yeza untu mencoba mencampur warna sekunder dengan warna sekunder lainnya, hingga tercipta warna lain yang jauh lebih pekat dari warna sebelumnya yang kemudian di kenal dengan warna tersier. Sebuah konsep sederhana yang di ajarkan kepada Adek Yeza mengenai warna dan perubahan dari pencampuran beberapa warna, semoga sedikit langkah kecil kami menjadikan mereka para pembelajar mandiri, pengawal peradaban di masa nya kelak.

 

Puspaning Dyah

Bandar Lampung, 29 Maret 2019

Catatan Bunda Pembelajar

Follow me on Social Media

Leave a Reply