WM Nasi Gandul Lampung, sajikan menu Garang Asem yang bikin Gagal Move On

Sebagai salah satu manusia yang terlahir di Pulau Jawa, mau tidak mau maka selera makan saya-pun tidak jauh dari menu yang serba Jawa, dan hal pertama yang saya dan suami telusuri saat hijrah ke Bandar Lampung adalah wisata kuliner dengan taste Jawa yang pas di indera pengecap kami, karena setelah hampir 5 tahun kami menjadi penduduk di Bandar Lampung masih belum cukup terbiasa menyantap hidangan Sumatera yang khas dengan kuah santan nan legit atau aneka jenis olahan daging sapi

Hingga kemudian pada suatu hari kami dijodohkan dengan sebuah warung makan sederhana dengan pilihan menu yang Jawa Tengah banget. Ulala… pucuk di cinta ulampun tiba, saat pingin makan yang seger-seger ternyata berjodoh dengan sajian Garang Asem yang โ€œgue bangetโ€ ๐Ÿ˜Š

Kesan pertama saat masuk ke warung makan ini, sumpah ini warung makan walaupun tempatnya gak terlalu luas tapi kerasa hommy banget, ketemu langsung lah saya dengan sang pemilik warung yang tebakan saya Beliau juga berasal dari Jawa.

ย 

Garang Asem Ayam menu andalan WM Nasi Gandul

Oke, menu yang saya ingat sekali menu yang pertama kali kami pesan adalah sang bintang utama dari warung makan ini, yaitu Garang Asem. Beberapa potong daging ayam kampung, di bumbu kuah bening yang segar di tambah penyertaan beberapa potong tomat segar, menghadirkan semburat pedas, gurih serta rasa asam yang pas betul. Di sajikan dengan cara di tum pada daun pisang layaknya Garang Asam yang banyak saya temukan saat berwiskul di Pati, Kudus maupun Purwodadi sebagai kota di Jawa Tengah yang banyak menyajikan Garang Asem menjadi menu di resto. Oke come back ke petualangan rasa kami ya,beberapa kali kami mengunjungi Warung Nasi gandul ini, dan hampir semua menu telah kami coba , sebut saja Nasi Gandul yang menjadi inspirasi nama dari Warung Makan ini, Nasi Gandul konon kabarnya adalah makanan tradisional dari kota Pati, tengoklah jika tak sengaja berkunjung ke kota Pati maka sepanjang jalan utama akan tersaji banyak warung tenda pinggir jalan menjajakan nasi gandul.

Pak Kepsek yang ketagihan as always menyantap Nasi Gandul dari WM nasi Gandul

Nasi putih yang hangat kemepul, di sajikan di atas piring dan di alas daun pisang kemudian di siram dengan kuah kaldu bersantan, di beri isi berupa potongan daging sapi yang empuk gak alot serta yang pastinya gak melawan saat di kunyah (kalau di Pati topping nasi gandul bisa beraneka ragam, kita bisa memilih telur ayam rebus yang sudah di bumbu pindang, daging sapi, ataupun jeroan sapi lainnya seperti paru, limpa, babat dll). So kenapa pula lah panganan satu ini di namakan nasi gandul? Karena berangkat dari filosofi penyajian panganan ini, di mana nasi putih โ€œgemandulโ€di atas piring serta berlimpah ruah kuah yang penuh rasa rempah, sedikit manis, asin, gurih, pedas yang di racik dengan bumbu yang pas, cucok deh sebagai P3K (Penyelamat Pertama Pada Kelaparan) ๐Ÿ˜Š

Penampakan Nasi Gandul khas WM Nasi Gandul

Selain itu ada menu tongseng daging sapi, namun untuk menu ini sedari awal hingga tulisan ini terbit saya belum terlalu tertarik untuk mencicipinya, karna jujur saya belum terlalu berminat dengan olahan tongseng maupun tengkleng. Buat para vegetarian di warung ini juga menyediakan menu pecel jawa lho, bedanya pecel di sini dengan pecel di toko sebelah pada bumbu kacangnya, saat tersaji pecel jawa ini menampakkan bumbu kacang yang tidak terlalu halus cenderung kasar malahan. Rasa yang paling menonjol adalah manis pedas, sayuran yang di rebus al-dente dan tidak over cock, membuat sayuran masih terdengan kriuk-kruik saat kita mengunyahnya. Menu baru yang saya suka dan baru ada setahun belakangan ini adalah ayam kremesnya yang juara. Ayam yang dipilih adalah ayam kampung dengan pilihan potongan dada maupun paha, bumbunya cukup meresap hingga ke tulang, daging nya empuk cukup nyaman di kunyah oleh gigi-gigi seri Kak Nad serta tak lupa sambel terasi yang rasanya pedas manis, taste Jawa banget deh pokoknya ๐Ÿ˜Š

Tersedia pula aneka gorengan seperti mendoan, tahu isi, Bakwan Jagung, Tak ketinggalan ada Tempe yang di goreng sangat garing sehingga terasa begitu renyah saat di kunyah
Compliment di WM Nasi Gandul, berupa aneka macam gorengan

Owya satu lagi menu yang afdol kece dari warung Nasi Gandul adalah soto ayam, kuah soto ayam yang bening dengan aroma bawang putih dan kaldu yang kuat, di beri irisan daging ayam kampung, irisan kubis dan taoge rebus bisa jadi alternatif makan berat di saat cuaca dingin lho

Adalah seorang Eka Rahmawati, sosok perempuan tangguh di balik kesuksesan berdirinya Warung Nasi Gandul, seorang ibu muda nan cantik, selalu melayani pengunjung yang datang dengan ramah dan bersahabat. Siapa di sangka usaha tempat makan yang mulai berdiri di bulan Februari 2010 ini hanya bermula dari jualan di depan rumah aja? Dan menu yang di tawarkan pun hanya Garang asem ayam, namun kini setelah 8 tahun berlalu sebuah warung garasi menjadi warung makan yang bisa di katakan sukses, gimana gak sukses? Wong selalu membuat saya gak bisa move on untuk mencari tempat makan untuk nostalgila pada kampung halaman. Inovasi pun selalu di lakukan oleh Warung Nasi Gandul, saat ini tersedia pula menu Garang Asem Simba sebagai jawaban atas banyaknya permintaan pengunjung untuk menyediakan menu yang ala Sumatera namun tidak meninggalkan ciri khas Warung Nasi Gandul.

Eka Rahmawati, owner sakaligus Head Chef dari WM Nasi Gandul

Untuk harga saya bisa mengatakan bahwa seluruh harga di Warung Nasi Gandul cukup bersahabat pada dompet anda. Mulai dari harga Rp. 4.000,- hingga Rp. 26.000,- di jamin setiap suapnya mampu memanjakan lidah kita.

Harga dari Menu yang di sajikan di WM Nasi Gandul

Kayaknya si emak mulai berfikir strategic ini, apa ya yang bisa emak jual di garasi rumah emak yang belum cukup lebar ini untuk mengekor kesuksesan Mbak Eka ๐Ÿ˜‰

Owya kalau kamu mau bersantap di sini, di setiap meja di sediakan beberapa pisang muli (pisang khas Lampung) yang di sajikan secara free alias cuma-cuma lho, bisa kamu cicipin sebelum menyantap hidangan utama maupun sebagai dessert setelah puas menikmati berbagai olahan menu khas WM. Nasi Gandul

Sajian Appatizer atau bisa juga sebagai Dessert ala WM Nasi Gandul

Nah at last, Untuk antum yang repot mau stater mobil, motor atau bahkan truk tronton atau gak mau sama sekali kejebak mantan apalagi kejebak kenangan masa lalu, untuk memesan menu lezat dari Warung Nasi Gandul, kalian cukup ambil gawai masing-masing, klik aplikasi Gojek, karena semua menu yang di siapkan oleh Warung Nasi Gandul bisa di pesan melalui aplikasi Go-Food, serta kalau antum mau menyipkan beberapa acara istimewa antum, bisa juga koq warung ini mengabulkan permintaan bapak, ibu, tante, oom, pakde, bude, kakak, adek, yang berpasangan maupun yang masih JOMBLO ๐Ÿ˜‰

ย 

Salah satu spot di WM Nasi Gandul yang ngebuat seolah-olah di Lampung rasa Jawa ๐Ÿ™‚

Warung Nasi Gandul

Nomer Telpon : 082177530808

Instagram : wm_nasigandul_lampung

FB : Eka Rahmawati

Jam Buka : Pkl. 09.00 โ€“ 18.00 WIB

Alamat : Jl. Tulang Bawang No. 12 Enggal, Bandar Lampung, sebelah Ayam Penyet Surabaya

Follow me on Social Media

Leave a Reply