Cara Ternak Lele Rumahan Untuk Pemula Ala Ibu Rumah Tangga

Cara Ternak Lele Rumahan – Halo Mom. Datang lagi nih dengan ulasan yang setiap harinya berbeda-beda. Kali ini, saya menulis dan akan menginformasikan tentang bagaimana cara ternak lele rumahan yang bisa dilakukan pemula, khusunya ibu-ibu rumahan.

Tentu dong? Cara ini bisa kita simak sebentar, untuk memastikan bahwa ternyata kita sebagai ibu rumah tangga juga bisa melakukan aktifitas beternak.

Meski tak terlalu beratlah ya. Jadi nih mom? Kita mau belajarnya, hihi.. Kalau jadi simak ya ulasan berikut tentang cara ternak lele rumahan untuk pemula yang bisa dilakukan oleh para ibu-ibu rumah tangga.

Cara Ternak Lele Rumahan

Dalam beternak lele, ada beberapa yang harus kita perhatikan mom. Apalagi tentang bibit, kolam budidaya, sampai pakan, dan cara pemeliharaan, bahkan pasca panen.

Jangan sampai salah. Khawatir kalau salah dalam melakukan ternak lele, bisa-bisa rumah menjadi berantakan, bau amis di mana-mana, dan satu hal lagi, produksi yang diinginkan gagal total.

Padahal ternak lele itu gampang loh. Tapi ya gampang-gampang susah sih. Tapi setidaknya paling mudah dilakukan karena tidak mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi.

Jadi berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar ya. Aktifitas sampingan kita para ibu selain ngerumpi.

Mengenal Kolam Budidaya Lele dan Cara Beternaknya

Nah, kita sekarang lebih kepada bagaimana cara budidaya lele ya mom. Jadi kalau berdasarkan refrensi yang saya baca nih, ada banyak loh cara budidaya lele.

Misal, cara budidaya ikan lele di kolam tembok, tentu cara ini adalah cara yang paling umum kita ketahui ya.

Nah saya belajar banyak sih dari tautan di atas bagaimana cara budidaya ikan lele di kolam tembok, dan apa saja yang bisa dilakukan dalam cara ternak lele rumahan.

Misalnya nih yang saya perhatikan adalah, kolam tembok untuk kolam ikan lele itu lebih awet. Maka, kalau di rumahan itu lebih suka dengan kolam tembok. Meski kecil, tapi bisa menjadi tempat yang baik untuyk budidaya.

Karena memang kolamnya lebih aman. Ikan lele tidak akan ada yang hilang di lumpur, dan proses pemanenan, atau ketika ingin memasak ikan lele sewaktu-waktu itu mudah. Bisa serok, atau sembari membersihkan dan mengganti air kolam.

Namun, selain ada keunggulan, ada hal yang harus diperhatikan loh, misal seperti bagaimana modal pembuatan kolam temboknya. Karena memang prinsipnya kolam tembok ini serupa dengan kolam beton ya mom.

Tapi nggak perlu khawatir. Kan kita buat untuk sementara, tidak untuk usaha secara besar. Sehingga bisa buat seukuran yang sewajarnya.

Nah terkait modal bisa diatasi, bagaimana dengan anggapan kolam semen atau kolam tembok ini bisa meracuni ternak lele. Ia juga sih, kalau kolam baru jadi, dan bibit lele langsung masuk, pasti berbahaya dong.

Nah caranya adalah dengan cara melakukan proses sterilisasi kolam. Jadi, kolam jangan langsung dipakai dulu, melainkan didiamkan dengan air yang sudah disediakan, sampai benar-benar kolam siap dipakai dan tidak membahayakan si bibit ikan lele yang akan ditebar.

Baca Juga: USAHA TERNAK YANG PALING CEPAT PANEN DAN CARA BETERNAKNYA

Selanjutnya, pakan alami tidak muncul? Lah iya pasti. Tapi setidaknya kolam tembok juga berlumut kok mom, itu bisa jadi pakan tambahan.

Tapi jangan mikirin lumutnya ya mom. Ternyata pakan limbah rumah tangga juga bisa kok jadi pakan lele. Lele menyukai pakan apa saja, asal bukan yang membahayakan, misal beracun, atau pedas, dan berminyak, atau yang sampai mencemarkan air kolam dan membahayakan ikan.

Misal nih, seperti bekas sisik dan jeroan dari ikan, lele suka kok mom. dan yang paling mudah adalah dengan memberi pelet atau nasi sisa rumah tangga.

Nah itu dari sisi cara budidaya ikan lele di kolam tembok ya. Ada juga yang lain, misal seperti, ternak lele dalam drum plastik. Itu juga bisa menjadi pilihan, dengan lahan perumahan yang sempit.

Namun satu hal yang harus dipikirkan dalam budidaya ternak lele, apalagi cara ternak lele rumahan yang bisa dilakukan kita ibu ibu di luar aktifitas ngerumpi adalah bagian bab berikut:

Cara Ternak Lele Yang Baik dan Benar

Pasti dong, dalam cara ternak lele rumahan juga yang harus dipelajari bagaimana menerapkan cara ternak lele yang baik dan benar.

Tentu cara ini harus kita pelajari lebih detil. Sebenarnya pada tautan sub header di atas sudah gamblang dijelaskan. Sedikitnya yang saya bisa ulas adalah sebagai berikut:

  1. Memperhatikan cara pembibitan lele: Jadi lele atau bibit yang akan ditebar dipastikan benih yang berkualitas baik dan super, tidak sakit maupun cacat.
  2. Media kolam yang digunakan: Dalam ternak lele, baik cara ternak lele rumahan maupun tidak ada media kolam yang digunakan, kolam terpal, kolam tembok, kolam drum, atau cara ternak lele biflok, dan cara lainnya.
  3. Metode pemeliharaan, perawatan, pemberian pakan ikan lele, hingga antisipasi kesehatan ternak lele.

Nah sedikitnya tiga point tersebut adalah modal dari bagaimana cara ternak lele rumahan yang baik dan benar yang bisa dilakukan.

Baca Juga: PARA MUM KECE BERMAIN KODE BERSAMA BEKRAF DI CODING MUM

Nah itu saja sih mom yang bisa saya bagikan, semoga artikel ini bermanfaat. Selamat kembali ngerumpi.

Follow me on Social Media

Leave a Reply