Para Mum kece bermain kode bersama Bekraf di Coding Mum

Foto Bersama peserta Coding Mum beserta panitia dan tim mentor Pict : by Panitia

Hari ini adalah hari yang cukup menantang untuk saya. Bermula dari percakapan di aplikasi WA antara saya dan umi Rini, yang tiba-tiba mak jedudug ngasih info kalau di Lampung bakalan di geber pelatihan Coding Mum seperti yang beberapa pekan kemarin diikutin Umi di Semarang. Konon kabarnya sih di sini kita bakalan di latih langsung oleh para mentor yang berpengalaman di bidang TIK untuk ngajarin para peserta yang almost adalah para emak macam saya untuk bisa bikin web. Berbekal informasi tersebut dan dorongan dari Umi akhirnya saya memutuskan untuk mendaftarkan diri mengikuti pelatihan ini.

Well, namanya pun pelatihan tentang IT maka wajar kalau pada saat proses mendaftar pun menggunakan aplikasi google form untuk melakukan pendataan peserta. Oke, masalah gak selesai di sana, ternyata harus ada pencantuman file berupa Curiculum Vitae dan essai mengenai data diri, wakakakakkkk ini PR besar buat emak macam saya, eeet dah ngisi CV mah udah terlewati beberapa tahun yang laen euy, dan ketika harus bin terpaksa nulis CV beserta essai diri menjadi semacam nostalgia saat jaman perjuangan dahulu kala saat emak mondar mandir kantor pos baik untuk sekedar ngliyat ada iklan lowker terbaru gak ya yang terpasang, ngirim berbagai amplop cokelat berisi beberapa dokumen syarat ngelamar kerja atau lebih ngenesnya nongkrong aja di emperan kantor pos berharap ada orang yang kasian ngliyat tampang lusuh saya 😊

Back to laptooop, singkat cerita akhirnya saya berhasil jadi peserta pelatihan Coding Mum  Lampung yang di selenggarakan oleh Bekraf. Dan terdamparlah saya hari ini di Ruang Kreatif BUMN yang berkantor di PLN Tanjung Karang bersama beberapa emak-emak yang lainnya. Acara di buka oleh perwakilan dari PLN Tanjung Karang yang menjelaskan secara singkat apa itu Rumah Kreatif BUMN yang ternyata di kota Bandar Lampung hanya ada satu dan bertempat di kantor PLN Sektor Tanjung Karang. Kemudian di lanjutkan dengan materi singkat oleh Mbak Ellen sebagai perwakilan dari Kolla yang bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) tentang maksud dan tujuan di adakannya pelatihan Coding Mum ini.

Perwakilan dari PLN Tanjung Karang memberikan sambutan dan arahan Pict : by Panitia
Pemaparan singkat tentang Coding Mum oleh Mbak Ellen selaku perwakilan dari Kolla dan Bekraf Pict : by Panitia

Jadi nih guyz, Coding Mum pertama kali terlaksana ditahun 2015 hingga saat ini di Juli 2018 telah terselenggara di 25 kota di Indonesia maupun cakupan ASEAN. Di era serba digital saat ini rasanya hampir semua kalangan menjadi user dari sebuah gawai (gadget), mulai dari dewasa hingga kanak-kanak. Dengan menjamurnya banyak informasi terlebih berbagai aplikasi berbasis online yang pastinya menuntut sang user menjadi “gape” dan gak”gaptek”, nah wajarlah jika seorang ibu kudu bin wajib harus mau “melek teknologi”, so buat apaan coba? Which is biar gak kudet dan bisa nyambung kalau anaknya lagi ngomongin so trend aplikasi atau game tertentu yang ada di gawai sang anak, yang paling mulia lagi adalah dengan melek teknologinya seorang perempuan aka Ibu, bisa jadi di sini akan terbuka ladang rizki untuk memulai suatu usaha berbasis online atau misalnya pun tidak tertarik joint di dunia bisnis bisa saja menularkan ilmu IT yang dimilikinya untuk kemaslahatan ummat seperti membuat web untuk membantu rekan yang lainnya dalam mengembangkan bisnisnya. Setidaknya alasan-alasan tersebutlah menurut penuturan Mbak Ellen kenapa sih Coding Mum ini sasaran pesertanya adalah para ibu rumah tangga, emak-emak kece macam saya ini lah 😊

Penjelasan html oleh Mas Galih selaku Mentor
Pict : By Panitia
Keseriusan Peserta mengikuti Coding Mum
Pict: by Panitia
Beberapa peserta nampak serius menyimak penuturan dari mentor
Pic : by tim panitia

Bener banget sih yang di declare sama Mbak Ellem, teknologi akan selalu berkembang seiring dengan berkembangnya zaman, kita gak akan sanggup membendung laju derasnya teknologi (udah gak usah risau udah ada Dilan yang nanggung semuanya koq 😊) tapi ada hal kece yang bisa kita lakukan yaitu memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

 

Mak kece bersama tim blogger Tapis Blogger
Pict : by Naqiyyah Syam
Emak tkece erjebak bersama para blogger kece
Pict : by Naqiyyah Syam

Total peserta Coding Mum Lampung saat ini ada 21 perempuan dari berbagai latar belakang dan profesi di dampingi 3 (tiga) orang admin dari Bekraf serta 5 (lima) orang mentor yang siap mengawal para peserta dari awal hingga akhir pelatihan kelak. Pelatihan Coding Mum ini di selenggarakan dari tanggal 5 – 18 Juli 2018 start di pukul 10.00 – 13.00 WIB bertempat di Rumah Kreatif BUMN Lampung, Jl. Diponegoro No. 04 Tanjung Karang Pusat, Bandar Lampung dengan goal pelatihan adalah masing-masing peserta mampu membuat web secara mandiri dan dapat di manfaatkan di kemudian hari.

Naaaah sesuai dengan tagline Coding Mum itu sendiri yaitu “Where Cool mum meets code”….

Baiklah tolong doakan emak ya pemirsah, agar selama 8 hari pertemuan Coding Mum Lampung ini emak bisa memahami arti perkodean agar supaya emak kelak bisa menjadi ahli Coding, baik kode dalam membuat web atau saat membaca kode dari kamu, iyaa kamuuuuu, kamu yang lagi baca tulisan emak ini 😊

Emak Kece yang lagi ikut pelatihan Coding Mum

 

Follow me on Social Media

7 Comments

  1. Anggun Josie Pasemawati July 5, 2018 at 10:22 am

    Emak2 keren ini mah ga cuma melek teknologi tapi mau ambil bagian dalam prosesnya..
    Btw yg belum emak2 ga boleh ikutan tah mak kece? 😁

  2. Slamet Sumardi July 5, 2018 at 7:04 pm

    Sumpah acaranya keren banget ini. Apalagi untuk para emak emak agar melek teknologi. Ngomong ngomong coding saya sendiri juga ga paham. Selama ini hanya ngikutin template aja. Semoga acaranya happy sampai akhir ya mbak. Jangan lupa tularkan ilmu codingnya ke kawan kawan yang lainnya.

  3. Linda Dwihapsari July 5, 2018 at 7:07 pm

    Wuih ini emak emang paling pinter kalo milih kegiatan. Sip mbk aku mendukungmu untyk belajar coding mum. Kalau sudah lancar, tularkan pada aku juga ya..

  4. Emmy Herlina July 5, 2018 at 8:06 pm

    Wah, seruuu bangett. Pingin ikuut rasanya. 😊😊

  5. Naqiyyah Syam July 6, 2018 at 10:23 pm

    Seru banget ikut Coding Mum Lampung enggak nyesel deh walau sempat galau gimana menyiasati dengan anak-anak. Alhamdulillah rezeki bisa ikut.

  6. Leantoro July 10, 2018 at 9:01 am

    Semoga bisa menular ke daerah lain, metro misalnya atau pringsewu dan lain-lain supaya mom yang jauh dari B.Lampung juga bisa melatih coding-coding dan bikin website yang ampuh

  7. Izza July 16, 2018 at 3:41 pm

    Semangat belajar nge-coding mbak 😆 pengen ikutan… tp telat bgt tau infonya 😅

Leave a Reply